My Phone Info is a website that displays various articles related to Smartphone. This includes applications, games, news, hardware, tips and tricks and much more. All articles displayed are always updated, so they can be trusted for authenticity.

Cara Mengatasi Ponsel BlackBerry Lemot / Meningkatkan Kinerja Ponsel BlackBerry

BlackBerry, siapa yang tidak tau dengan ponsel legendaris ini. BlackBerry adalah salah satu contoh ponsel pintar pada zamannya yang menjadi kebanggaan hampir sebagian besar penduduk dunia yang sayang kini tinggal kenangan. Puncak kejayaan BlackBerry mulai pudar setelah negara Android menyerang, hehe.



Namun, nampaknya hukum alam masih sedikit berpihak pada ponsel ini. Seperti hal lainnya yang pernah merajai dan kini hilang pastilah tetap ada pengguna setia. Dimana entah alasan apa yang membuat pengguna setia ini masih tetap bertahan.

OK, mungkin salah satu pembaca artikel ini ada yang tergolong pengguna setia BlackBerry ataupun hanya pengguna biasa yang kebetulan hingga saat ini masih menggunakan ponsel ini? Jika iya, apakah Anda pernah dibuat jengkel karena ponsel BlackBerry lemot atau malah setiap hari?

Ponsel BlackBerry lemot bukan bearti karena alasan sudah tua, hardware yang digunakan sudah tidak mendukung untuk saat ini. Memang itu bisa jadi alasan yang masuk akal. Tapi jika dipikirkan lebih dalam lagi, bagaimana Anda merawat ponsel tersebut? Apakah dirawat dengan baik? Alasan lain yang membuat BlackBerry lemot adalah pola penggunaan yang tidak wajar. Mulai sekarang saya sarankan kepada Anda jika ingin mendapatkan performa prima setiap saat atas ponsel yang digunakan. Maka rawatlah ponsel tersebut sesuai apa yang diberikan kepada Anda, atau justru harus lebih.

Lalu, adakah cara atau trik untuk mengatasi BlackBerry lemot? Tentu saja ada. Pada artikel kali ini akan dibahas trik sederhana untuk meningkatkan kinerja BlackBerry yang lemot.

Dan berikut caranya :

#1 Bersihkan Log Aktifitas Ponsel

Ini merupakan semacam ruang penyimpanan sementara yang mencatat semua aktifitas yang dilakukan pada ponsel. Seperti halnya ruang penyimpanan lain, jika semakin lama digunakan pastilah semakin penuh. Hal ini juga akan mempengaruhi kinerja dari ponsel.

Tidak seperti ponsel pintar saat ini yang dapat menghapus log aktifitas secara otomatis dalam interval waktu tertentu. BlackBerry akan terus menyimpan log aktifitas dan semakin waktu akan terus bertambah. Namun, disisi baiknya log aktifitas ini akan terhapus jika melakukan restart ponsel dengan melepas baterai. Sayangnya jika melakukan hal ini, bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibuthkan Blackberry melakukan proses restart hingga dapat digunakan normal kembali.

Nah, mulai saat ini Anda tidak perlu lagi susah payah menghapus log aktifitas tanpa perlu membutuhkan waktu yang lama. Anda dapat melakukan dengan cara :
  1. Pada halaman utama (home screen), dalam kondisi layar tidak terkunci dan siap digunakan. Tekan dan tahan tombol Alt. Dalam keadaan tombol Alt masih ditahan, klik tombol L, G, L dan G secara bergantian.
  2. Maka akan muncul halaman Event Log (Information). Kemudian tekan tombol menu (lambang blackberry pada keypad) > Clear Log > Delete.


#2 Hentikan Aplikasi Tak Digunakan Yang Berjalan Di Balik Layar (HomeScreen)

  1. Tekan dan tahan tombol Alt.
  2. Tekan tombol Back (dalam keadaan tombol Alt masih ditahan).
  3. Gunakan tombol gulir atau scroll, pilih aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi (dalam keadaan tombol Alt masih ditahan).
  4. Lepaskan tombol Alt dan pilih exit atau close.
  5. Ulangi langkah no. 1 hingga no. 4 ke semua aplikasi yang berjalan dan tidak digunakan lagi.

#3 Aktifkan Fitur Otomatis Clean Memory RAM

  1. Buka halaman settings.
  2. Pilih options.
  3. Pilih security options.
  4. Pilih memory cleaning.
  5. Pada option status, ganti menjadi enabled.

#4 Mempercepat Loading Browser

  1. Buka aplikasi browser default bawaan ponsel.
  2. Klik tombol menu.
  3. Pilih options.
  4. Pilih browser configuration.
  5. Hilangkan tanda centang atau ceklist pada Support JavaScript dan Use Background Image.
  6. Pada option Browser Identification ganti menjadi BlackBerry.
  7. Klik back > save.
  8. Coba gunakan untuk berselancar di Internet dan lihat perubahannya.

#5 Menyusutkan Tampilan Halaman Website Sesuai Ukuran Layar Ponsel

  1. Buka aplikasi browser default bawaan ponsel.
  2. Klik tombol menu.
  3. Pilih options.
  4. Pilih general properties.
  5. Pada option default view ganti menjadi column.
  6. Klik back > save.
  7. Coba gunakan untuk berselancar di Internet dan lihat perubahannya
Tambahan : Untuk melakukan pembersihan dan sampah-sampah tak berguna secara menyeluruh. Dalam keadaan ponsel menyala lepaskan baterai. Tunggu hingga sekitar 30 detik. Kemudian pasang kembali baterai dan hidupkan ponsel. Lakukan hal ini minimal 1x dalam seminggu. Ini sangat membantu sekali untuk membuat ponsel BalckBerry lebih cepat.

Tidak ada komentar